Abstract:
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah” Apakah ada pengaruh
terhadap hasil belajar dengan menggunakan media Pop Up Book 3D Interactive
Terhadap kemampuan memahami jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V
SD Negeri 102071 Dolok Masihul”. Peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah
ada pengaruh dalam penggunaan media Pop Up Book terhdap hasil belajar siswa
di SD Negeri 102071 Dolok Masihul. Populasi dan sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas Va sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa, Dan kelas
eksperimen berjumlah 28 siswa. Desain penelitian menggunakan test berupa soal
pilihan berganda sebanyak 10 soal. Instrumen penelitian berupa soal mengenai
jaring-jaring bangun ruang. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji
reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis berupa uji t-test. Pengujian
hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji validitas,
reabilitas, normalitas, dan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS 26. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media Pop Up Book terhdap
hasil belajar siswa pada materi jaring-jarig bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari
hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan nilai. thitung = dengan harga
ttabel = 1,701 untuk taraf nyata 𝛼 = 0,05 dengan nilai df = 58
menunjukkan bahwa 7,449 > 1,701 atau thitung > ttabel. Hal ini dapat
disimpulkan H0 ditolak dan HI diterima