Abstract:
Madrasah Ibtidaiyah Swasta Luqman Al-Hakim Medan merupakan salah satu
lembaga pendidikan yang dikenal oleh masyarakat sebagai lembaga yang
memberikan suasana belajar yang islami untuk menanamkan karakter dan akhlak
kepada murid-muridnya, Sekolah tersebut merupakan sekolah yang memberikan
pengajaran penuh pada pendidikan keagamaan. Guru berperan besar dalam
melakukan pembinaan akhlak setiap anak/siswa itu sebabnya perlu dilakukan
komunikasi interpersonal yang pasti dibutuhkan dalam kehidupan sosial, bahkan
pada proses belajar mengajar. Penelitian ini di lakukan untuk melatarbelakangi
tentang “Pola Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Dalam Pembinaan
Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Luqman Al-Hakim Medan.” Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu
mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian dengan
narasumber yang terdiri dari 5 ( lima) orang, diantaranya Kepala Sekolah, Guru
Wali Kelas I, Guru Wali Kelas II, Guru Aqida Akhlak dan Guru Bimbingan
Konseling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru lebih sering
menggunakan teknik komunikasi persuasif, serta mengguankan jenis komunikasi
inerpersonal kelompok kecil. Upaya yang dilakukan guru madrasah Ibtidaiyah
Swasta Luqman Al-Hakim medan dalam melakukan pembinaan Akhlak adalah
menggunkan beberapa metode diantaranya melakukan hiwar/berdialog,
melakukan pembiasaan, memberikan contoh teladan, memberi nasehat, bercerita,
dan memberikan perhatian khusus.