Research Repository

Pengaruh Bidang Bimbingan Sosial Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMK Pab 8 Sampali

Show simple item record

dc.contributor.author Yuliandari
dc.date.accessioned 2020-03-10T04:47:01Z
dc.date.available 2020-03-10T04:47:01Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2309
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bidang bimbingan sosial terhadap kecerdasan emosional siswa kelas x smk pab 8 sampali tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 183 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 30 siswa dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan angket. Dari hasil uji validitas dan reabilitas dengan menggunakan product moment diperoleh hasil r= 0,4042. Harga r hitung tersebut selanjutnya dibandingkan dengan r tabel. Untuk taraf signifikan 5% dan n=30, maka r tabel = 0,360 dan r hitung= 0,4042. Hal ini dapat disimpulkan bahwa > (0,3942> 0,360) berarti ada pengaruh bidang bimbingan sosial terhadap kecerdasan emosional. Dan untuk mengetahui taraf signifikan maka menggunakan uji t . Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh harga t hitung= 2,269 dengan taraf signifikan nyata = 0,05 dk= n-2=30-2=28. Selanjutnya Ha diterima jika > . Berdasarkan t tabel= 2,048 dapat dilihat bahwa t hitung > t tabel (2,269 > ttabel 2,048).Maka dapat disimpulkan bahwa diterima ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. en_US
dc.subject Bidang bimbingan sosial en_US
dc.subject Kecerdasan emosional en_US
dc.title Pengaruh Bidang Bimbingan Sosial Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMK Pab 8 Sampali en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account