Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bidang bimbingan sosial
terhadap kecerdasan emosional siswa kelas x smk pab 8 sampali tahun
pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah
populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 183 siswa,
sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 30 siswa dengan menggunakan
purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
observasi dan angket. Dari hasil uji validitas dan reabilitas dengan menggunakan
product moment diperoleh hasil r= 0,4042. Harga r hitung tersebut selanjutnya
dibandingkan dengan r tabel. Untuk taraf signifikan 5% dan n=30, maka r tabel =
0,360 dan r hitung= 0,4042. Hal ini dapat disimpulkan bahwa >
(0,3942> 0,360) berarti ada pengaruh bidang bimbingan sosial terhadap
kecerdasan emosional. Dan untuk mengetahui taraf signifikan maka menggunakan
uji t . Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh harga t hitung= 2,269 dengan
taraf signifikan nyata = 0,05 dk= n-2=30-2=28. Selanjutnya Ha diterima jika
> . Berdasarkan t tabel= 2,048 dapat dilihat bahwa t hitung > t tabel
(2,269 > ttabel 2,048).Maka dapat disimpulkan bahwa diterima ditolak.
Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.