Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan implementasi pemberdayaan masyarakat
melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terkendala karena
masalah komunikasi antara pengelola kegiatan dengan masyarakat yang menjadi
sasaran program kegiatan. Masalah komunikasi ini beragam, dari soal isi atau
pesan komunikasi terkait program, penyampai komunikasi, hingga media
komunikasinya. Berangkat dari hal itu, maka dipandang perlu adanya strategi
komunikasi untuk program CSR dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi CSR PT Dwi Mitra
Daya Riau dalam pemberdayaan masyarakat Bukit Badak. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi, komunikasi CSR, serta
pemberdayaan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan
pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan
observasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif,
yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian dengan
narasumber sebanyak 5 orang diantara nya 1 orang Humas PT. Dwi Mitra Daya
Riau, dan 1 orang Karyawan PT. Dwi Mitra Daya Riau serta 3 orang dari
masyarakat Bukit Badak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi
komunikasi CSR PT Dwi Mitra Daya Riau dalam pemberdayaan masyarakat
Bukit Badak dengan adanya Bilikom (Bina Lingkungan dan Komunikasi) dapat
membantu serta memudahkan masyarakat berkomunikasi langsung dengan pihak
PT. Dwi Mitra Daya Riau sehingga PT. Dwi Mitra Daya Riau dapat lebih mudah
berkomunikasi langsung dengan masyarakat Bukit Badak sehingga program CSR
yang nantinya akan dilaksanakan PT. Dwi Mitra Daya Riau dapat dimengerti oleh
masyarakat Bukit Badak. Beberapa program-program Corporate PT. Dwi Mitra
Daya Riau dalam pemberdayaan masyarakat seperti program dalam bidang
pendidikan, kesehatan, dan pertanian dengan adanya program CSR yang diberikan
PT. Dwi Mitra Daya Riau semoga dapat membantu masyarakat yang ada di Bukit
Badak.