Abstract:
Media sosial menjadi salah satu situs jejaring sosial berbasis teknologi saat ini yang
paling banyak digunakan terutama pada kalangan siswa untuk membantu dalam
proses belajar atau hanya untuk dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada
penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh tentang Media Sosial
Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Kota Binjai. Dalam penelitian ini memiliki
batasan masalah untuk memperkecil objek penelitian dan yang menjadi objek
dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Binjai. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, serta pengukuran
menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengukuran
data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji t,
serta uji korelasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh
media sosial terhadap prestasi belajar siswa, dapat dibuktikan dari hasil uji regresi
linier yang dilakukan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan dapat
dibuktikan dengan tingkat pengaruh uji korelasi sebesar 0.805 atau sebesar 64,9%
dari 81 responden, dengan ini keterangan bahwa pengaruh yang dimiliki sangat
kuat.