Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pola Komunikasi Antar
Personal Pengasuh dalam Melayani Lansia di UPTD Pelayanan Sosial Lanjut Usia
Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah Pengasuh yang mengetahui apa yang penulis teliti atau
mungkin sebagai kunci jawaban terkait rumusan masalah yang diteliti. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data,penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
komunikasi antar personal pengasuh dan lanjut usia terdiri dari 2 bentuk yaitu
komunikasi verbal dan non-verbal. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses
komunikasi antar personal pengasuh dan lanjut usia sudah tercapai, dimana
komunikasi verbal terjadi lewat komunikasi lisan yang meliputi sebagai tempat
bercerita ataupun berbagi pengalaman, memberikan kenyamanan, memberikan
teguran, memberikan kasih sayang,dan menanyakan semua apa yang dibutuhkan
lanjut usia. sedangkan komunikasi non-verbal yang terjadi yaitu komunikasi
menggunakan gestur tubuh yang meliputi memberikan senyuman, dan
memberikan sentuhan.Tidak hanya sebatas proses itu saja, hubungan antara
pengasuh dan lansia juga sangat erat kaitannya sebagai keluarga sehingga keluhan
yang dirasakan para lansia dapat disampaikan lebih terbuka lagi.