Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bidang bimbingan pribadi
melalui layanan informasi terhadap self control siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa pre-eksperimen
dengan desain one group pre and post test design. Jumlah populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 150 siswa, sedangkan yang
menjadi sampel sebanyak 39 siswa dengan menggunakan random sampling.
Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan angket.
Hasil self control siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018, sebelum diberikan perlakuan (pretest) dapat dikatakan
keadaan self control siswa berada pada tingkat yang cenderung rendah yaitu
berada pada skor rata-rata 48. Setelah diberikan perlakuan (posttest) maka self
control siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018 mengalami peningkatan yang cenderung tinggi yaitu berada pada skor
rata-rata 73,6. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,882 dengan
menggunakan taraf signifikan nyata (a = 0,05) dan dengan d.b = n – 1. maka
diperoleh ttabel = 2,024. Karena nilai thitung> ttabel (5,882 > 2,024) maka dapat
dikatakan bahwa Ha diterima H0 ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah
“terdapat pengaruh yang signifikan bidang bimbingan pribadi melalui layanan
informasi terhadap self control siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018.