Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa LKPD dalam
meningkatkan keterampilan proses IPA di kelas 5 SD Negeri 005 Bukit Kapur.
LKPD di sesuaikan serta di susun dengan langkah-langkah pada model
pembelajaran project based learning dengan materi siklus air. Pengembangan
LKPD dilakukan dengan metode penelitian R&R ( Reserch & Development),
model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis),
Design(desain), Development( pengembangan ), Implementation(pelaksanaan),
Evaluation( evaluasi). Pada penelitian ini peneliti membatasi pada tahap
Evaluation(evaluasi). Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya.
Hail kelayakan LKPD dalam meningkatkan keterampilan proses IPA di kelas 5
didapat sangat baik secara keseluruhan. Penilaian ahli validasi materi yaitu
96,66% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaiam validasi ahli desain 98,33%
dengan kategori sangat valid dan hasil penilaian validasi ahli bahasa yaitu 99,3 %
dengan kategori sangat valid. Adapun hasil penilaian kepraktisan oleh peserta
didik yaitu 90,04 dengan kategori sangat praktis, sehingga LKPD dalam
meningkatkan keterampilan proses IPA layak untuk digunakan Di SDNegeri 005
Bukit Kapur.