Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SD Budi Agung

Show simple item record

dc.contributor.author Windari, Rahmarani
dc.date.accessioned 2023-11-27T02:36:21Z
dc.date.available 2023-11-27T02:36:21Z
dc.date.issued 2023-10-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23068
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membac siswa kelas IV SD Budi Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posttestdesign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Budi Agung yang berjumlah 26 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitusampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar porfomance test. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition yaitu 85 banding 59 Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC 74 Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition adalah 92 Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2- tailed) adalah 0,000 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV SD Budi Agung. en_US
dc.subject Cooperative Integrated Reading and Composition, membaca en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SD Budi Agung en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account