Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membac
siswa kelas IV SD Budi Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dengan rancangan kelompok one group pretest-posttestdesign. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Budi Agung yang berjumlah 26 orang.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitusampling jenuh dimana semua
anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar porfomance test. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai
rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated
Reading and Composition lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa
menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition yaitu 85 banding 59 Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum
menggunakan model pembelajaran CIRC 74 Nilai tertinggi yang diperoleh siswa
sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition adalah 92 Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil
perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf
signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2- tailed) adalah 0,000 0,05 maka
dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan
posttest dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca siswa kelas
IV SD Budi Agung.