Abstract:
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video
animasi berbasis kebudayaan setempat di kelas V SD Negeri 365 Patiluban Mudik,
mengetahui kevalidan media serta kepraktisan yang diketahui respon dari guru dan
siswa dengan adanya media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan
ialah penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian dan
pengembangan menurut model Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilalui dalam
penelitian ini, antara lain : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,
validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Produk yang
dihasilkan dari penelitian ini ialah media video animasi yang dikembangkan berbasis
kebudayaan setempat di kelas V Sd Negeri 365 Patiluan Mudik. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa media video animasi yang dikembangkan menggunakan model
Borg and Gall dinyatakan valid. Tingkat kevalidan media pembelajaran video animasi
berbasis kebudayaan berdasarkan penelitian, antara lain : 1) ahli media memperoleh
presentase 93,3 % dengan kategori “sangat valid”, 2) ahli bahasa memperoleh
presenase 96,9 % dengan kategori “sangat valid”, 3) ahli materi memperoleh
presentase 93,3% dengan kategori “sangat valid”. Penilaian kepraktisan media dari
guru memperoleh 95% dengan kategori “sangat praktis” serta siswa yang didapatkan
dari uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 92 % dengan kategori “sangat
praktis”.