Abstract:
Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan faktor yang penting
dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah. Kepala Sekolah harus
mampu membuat peraturan, program kerja, melakukan monitoring dan
evaluasi terhadap pelaksanaan program tersebut. Kepala Sekolah juga
wajib menciptakan suasana kerja yang kompetitif dengan memberikan
reward sebagai motivasi kepada para guru dalam melaksanakan tugas
mereka. Kepala Sekolah harus menjalankan tugas sesuai dengan visi, misi,
motto dan tujuan pembelajaran yang sudah disepakati bersama. Kepala
Sekolah harus menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi para guru,
dengan komunikasi dua arah, tidak menciptakan jarak antara pimpinan
dan bawahan, tetapi menganggap para guru adalah bagian dari mitra kerja
yang memiliki peranan penting untuk mencapai tujuan sekolah. Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas komunikasi
kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP
Muhammadiyah 57 Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif, data
yang diperoleh melalui pengumpulan data kemudian diinterpretasikan
sesuai dengan tujuan penelitian yang telah dirumuskan dan diperoleh
melalui wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis
lakukan menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi kepemimpinan
Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP
Muhammadiyah 57 Medan sudah berjalan sesuai dengan tujuan yang
ingin dicapai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kepala Sekolah
SMP Muhammadiyah 57 Medan dinilai cukup berhasil untuk
meningkatkan kinerja guru dalam menyelesaikan tugas yang telah
diberikan. Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 57 Medan mampu
menjalankan tugasnya sesuai dengan sistem kerjanya dan selalu
mengedepankan kedisiplinan proses pembelajaran maupun kedisiplinan
kehadiran dan melakukan monitoring serta evaluasi terhadap kebijakan,
peraturan, dan program kerja yang telah dirancang sebelumnya.