Abstract:
Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan perilaku
asertif dengan pendekatan realita melalui layanan konseling kelompok siswa kelas
VIII B SMP Muhammadiyah 48 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan asertif dengan pendekatan
realita melalui layanan konseling kelompok siswa kelas VIII B SMP
Muhammadiyah 48 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan jenis PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan
Konseling) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari
empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. objek penelitian
ini berjumlah 8 orang yang ditentukan melalui teknik porposive sampling, terdiri
dari 5 orang yang tidak dapat berperilaku asertif dan 3 orang yang cukup dapat
berperilaku asertif.
Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui angket dan observasi.
Analisis data dilakukan dengan cara menganalisis skor angket dan lembar
observasi yang digunakan selama proses konseling kelompok berlangsung.
Setelah tindakan siklus I hasilnya masih minim perilaku asertif siswa yang
dijadikan sample,Setelah tindakan siklus II peningkatan juga terjadi menjadi
100%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian layanan konseling
kelompok dapat “Meningkatkan Perilaku Asertif Dengan Pendekatan Realita
Melalui Layanan Konseling Kelompok Siswa Kelas VIII B Di SMP
Muhammadiyah 48 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018” dapat diterima dan
perilaku asertif siswa yang mendapatkan layanan konseling kelompok lebih tinggi
dari pada sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok.