Abstract:
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2023/2024 dalam dua
siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 112307 Perkebunan
Aek Pamienke yang berjumlah 10 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Instrumen penelitian
berupa tes. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 112307 Perkebunan Aek Pamienke. Hasil
peningkatan belajar siswa pada materi pengaruh kalor dalam kehidupan dapat
dilihat dari peroleh data dari 20 siswa, pada soal pretest pratindakan siswa yang
tuntas sebanyak 1 siswa dengan persentase 5%, sedangkan pretest siklus I yang
tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 15% dan pada siklus II siswa yang
tuntas sebanyak 18 siswa dengan persentase 90%, maka dapat dilihat adanya
peningkatan dari pratindakan, siklus I dan siklus II sebanyak 15 siswa dengan
persentase 75%.