Abstract:
Sikap sopan santun menjadi salah satu permasalah yang terjadi dari masa ke
masa. Banyak sekali siswa yang memiliki sikap sopan santun yang masih rendah
yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku, sehingga sikap sopan santun yang
terbentuk dalam diri siswa kurang baik dan banyak siswa yang kehilangan jati
diri dan martabatnya sebagai generasi penerus. Bimbingan kelompok melalui
teknik modeling dalam penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan
kepada sejumlah individu dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk
meningkatkan segala potensi yang dimiliki sejumlah individu serta untuk
memperoleh informasi baru yang akan di bahas melalui pemberian contoh
perilaku yang sesuai dengan norma yang berlaku.Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok melalui teknik
modeling untuk meningkatkan sikap sopan santun siswa kelas VII MTs As-Shofa
Tahun Ajaran 2022/2023. Objek didalam penelitian ini adalah siswa VII MTs As Shofa yang berjumlah 7 orang yang memiliki sikap sopan santun yang masih
rendah. Pelaksanaan layanan dilakukan dalam satu siklus layanan bimbingan
kelompok. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini
maka dilakukan observasi dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan
ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa
layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling yang di terapkan di kelas
VII MTs As-Shofa Tahun Ajaran 2022/2023 dapat meningkatkan sikap sopan
siswa.