Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar
seri terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII MTs Yaspi
Labuhan Deli. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari
kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID yang berjumlah 125. Sampel penelitian ini adalah
kelas VIIA yang ditetapkan sebagai eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang
dan kelas VIIC ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian kelas kontrol dengan jumlah siswa 31
orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen
penelitian ini menggunakan tes tulis. Hasil dari penelitian ini diperoleh jumlah
nilai rata-rata sebesar 77,4 dengan menggunakan media gambar seri dengan
rincian siswa memperoleh nilai 40-55 dikategorikan kurang sebanyak 2 orang
(7%) dan siswa yang memperoleh nilai 56-65 dikategorikan cukup sebanyak 3
orang (10%) dan siswa yang memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak
10 orang (33%) dan siswa yang memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat
baik sebanyak 15 orang (50%) oleh siswa kela s VII MTs Yaspi Labuhan Deli.
Nilai rata-rata sebesar 39,48 kemampuan menulis teks fabel yang telah diajarkan
tanpa menggunakan media gambar seri yang memperoleh nilai 56-65
dikategorikan cukup sebanyak 4 orang (12,90%), dan siswa yang memperoleh
nilai 40-55 dikategorikan sebanyak 7 orang (22,58) dan siswa yang memperoleh
nilai <39 dikategorikan sangat kurang sebanyak 20 orang (64,51%). Hasil uji
hipotesis diperoleh thitung = 13,1588 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan
dengan harga ttabel taraf signifikan α = 5% dengan db= n1+ n2-2=59 maka
diperoleh ttabel = 1,671. Diketahui thitung > ttabel yaitu 13,1588 > 1,671 maka Ha
diterima dengan hipotesis ada pengaruh signifikan model pembelajaran media
gambar seri terhadap kemampuan menulis teks fabel oleh siswa kelas VII MTS
Yaspi Labuhan Deli.