dc.contributor.author | RABBIANI, HAFNI | |
dc.date.accessioned | 2023-11-27T00:32:55Z | |
dc.date.available | 2023-11-27T00:32:55Z | |
dc.date.issued | 2023-11-27 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22961 | |
dc.description.abstract | Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan perbedaan skor dalam mengembankan kemandirian belajar siswa pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan informasi dengan menggunakan metode problem solving. Dengan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian ekperimen dan kontrol. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IIS Amir Hamzah dan kelas X IIS Adam Malik SMA Swasta Budi Agung Medan. Dengan menggunakan angket kemandirian belajar dan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov Smirnov 2 Independen Sampels. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang kemandirian belajar siswa pada kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi menggunakan metode problem solving. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang kemandirian belajar siswa pada kelompok konrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi. 3) Terdapat perbedaan kemandirian belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan layanan informasi dengan menggunakan metode problem solving. Maka penerapan layanan inforamsi dengan menggunakan metode problem solving berjalan dengan baik. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Layanan Informasi | en_US |
dc.subject | Kemandirian Belajar | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |