Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan perbedaan skor
dalam mengembankan kemandirian belajar siswa pada kelompok eksperimen
sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan informasi dengan menggunakan
metode problem solving. Dengan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan
perlakuan layanan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
tipe penelitian ekperimen dan kontrol. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas
X IIS Amir Hamzah dan kelas X IIS Adam Malik SMA Swasta Budi Agung Medan.
Dengan menggunakan angket kemandirian belajar dan menggunakan uji Wilcoxon
Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov Smirnov 2 Independen Sampels.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat: 1) Terdapat perbedaan yang
signifikan tentang kemandirian belajar siswa pada kelompok eksperimen, sebelum
(pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan informasi menggunakan metode
problem solving. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang kemandirian
belajar siswa pada kelompok konrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest)
dengan layanan informasi. 3) Terdapat perbedaan kemandirian belajar pada
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan layanan informasi
dengan menggunakan metode problem solving. Maka penerapan layanan inforamsi
dengan menggunakan metode problem solving berjalan dengan baik.