Abstract:
Konseling individual merupakan layanan yang dapat memfasilitasi peserta didik
dalam membantu mengenal dirinya dan perannya serta tugas-tugasnya sebagai
remaja juga sebagai peserta didik di dekolah. Konseling individual yang diberikan
kepada peserta didik (konseli) difokuskan kepada sikap dan tingkah lakunya yang
kemudian setelah pelaksanaanya peserta didik (konseli) dapat konseling
individual. Rasa percaya diri adalah Percaya diri lahir dari kesadaran bahwa jika
seseorang memutuskan untuk melakukan segala sesuatu, sesuatu pula yang akan
saya lakukan. Kesadaran itulah yang melahirkan keinginan dan tekad. Penelitian
ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Medan yang beralamat di Jalan. Melati XIII,
Helvetia Tengah, Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara 20124. Penelitian
ini adalah penelitian tindakan layanan dengan pendekatan deskriftif kualitatif.
Subjek dari penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling bekerja sama
dengan peneliti. Untuk objek dalam penelitian ini siswa yang berjumlah 4 orang
sesuai dengan rekomendasi guru bimbingan dan konseling. Adapun instrument
dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang berkaitan
dengan siswa yang bersangkutan dan guru BK yang memberikan informasi
tentang yang diteliti. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.dari hasil penelitian ini
diketahui bahwa melalui konseling individual dengan pendekatan realita di MTs
Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 sudah berjalan dengan baik. Hal
ini dilihat dari perubahan tingkah laku para siswa yang sudah memiliki rasa
percaya diri.