Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah etika komunikasi dapat di
kembangkan dengan menggunakan teknik modelling symbolic melalui layanan
bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 05 Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
etika berkomunikasi dengan pemberian teknik modelling symbolic melalui
layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 05
Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini berjumlah 10 orang siswa yang di tentukan melalui
pengumpulan data hasil observasi angket, terdiri dari 7 orang yang memiliki etika
berkomunikasi rendah dan 3 orang yang memiliki etika berkomunikasi tinggi.
Penggunaan teknik analisis data Deskripsi Kualitatif.
Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui angket. Analisis data
dilakukan dengan cara menganalisis skor angket. Sebelum diberikan layanan50%
dan setelah diberikan 75%layanan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik modelling
symbolic melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengembangkan etika
berkomunikasi siswa, sehingga hipotesis yang berbunyi “Mengembangkan Etika
Berkomunikasi Siswa Dengan Teknik Modelling Symbolic Melalui Layanan
Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan
TahunPembelajaran 2017/2018” dapat diterima, maka peneliti menyarankan guru
bimbingan konseling dapat menggunakan teknik modelling symbolic melalui
layanan bimbingan kelompok sebagai alternative yang tepat dalam menangani
permasalahan siswa khususnya mengembangkan etika berkomunikasi pada siswa
kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.