Abstract:
Keputusan pembelian adalah keputusan yang dimiliki seorang konsumen untuk
membeli suatu produk. Keputusan pembelian dipengaruhi banyak faktor
diantaranya pengalaman pelanggan, kualitas pelayanan dan harga. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengalaman pelanggan, kualitas
pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian produk pada PT. Forisa
Nusapersada cabang Medan. Responden penelitian ini adalah pelanggan PT.Forisa
Nusapersada dengan jumlah 50 responden. Pendekatan penelitian ini menggunakan
penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat
positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu,
pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat
kuantitatif, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Teknik
pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan kuesioner validitas
dan realibilitas diuji. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji
t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pengalaman pelanggan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan; kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan;
harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan;
pengalaman pelanggan, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap
keputusan pembelian secara positif dan signifikan. Nilai R Square sebesar 0,546
artinya menunjukkan bahwa sekitar 54,6% variabel keputusan pembelian dapat
dijelaskan oleh variabel pengalaman pelanggan,kualitas pelayanan dan harga pada
PT.Forisa Nusapersada Cabang Medan sisanya 45,4% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini