Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai penerapan layanan bimbingan
kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa
di kelas VIII SMP PAB 8 SAMPALI. Objek dalam penelitian ini sebanyak 10
orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil analisis data dengan
menggunakan observasi dan wawancara meningkatkan kepercayaan diri
mengemukakan pendapat, mendapat perubahan pada siswa-siswi sudah mulai
mampu meningkatkan kepercayaan dirinya dalam mengemukakan pendapat,
sudah mulai aktif mengikuti pelajaran, sudah mulai berani mengeluarkan
pendapatnya, sudah mulai berani bertanya dan mulai nilai-nilai yang diperoleh
sudah meningkat dengan penerapan layanan bimbingan kelompok. Dengan
demikian penerapan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan
kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP PAB 8 Sampali Tahun Ajaran
2017/2018