Abstract:
Skripsi ini membahas Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning
terhadap Keterampilan Sosial Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 050780
Besitang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana
keterampilan sosial siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Project
Based Learning pada mata pelajaran IPS di SDN 050780 Besitang, bagaimana
keterampilan sosial siswa setelah menggunakan model pembelajaran Project
Based Learning pada mata pelajaran IPS di SDN 050780 Besitang, apakah
terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap
keterampilan sosial siswa SDN 050780 Besitang. Penelitian ini memiliki tujuan
untuk mengetahui keterampilan sosial siswa sebelum menggunakan model
pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPS di SDN 050780
Besitang, untuk mengetahui keterampilan sosial siswa setelah menggunakan
model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPS di SDN
050780 Besitang, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning terhadap keterampilan sosial siswa SDN 050780 Besitang. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif untuk
mengetahui keterampilan sosial siswa SDN 050780 Besitang. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 050780 Besitang sebanyak 20 orang
siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum digunakannya lembar
observasi hal yang pertama kali dilakukan memvalidasi lembar observasi kepada
Bapak Amin Basri S.Pd.I., M.Pd yang nilainya 100% (valid). Hasil hipotesis
dengan menggunakan uji t dapat diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah
0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil
penelitian yang telah peneliti lakukan, dapat ditarik kesimpulannya bahwa
Model Pembelajaran Project Based Learning Berpengaruh Terhadap
Keterampilan Sosial Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 050780 Besitang.