Abstract:
Persaingan bisnis smartphone yang semakin ketat saat ini menuntut
produsen smartphone untuk menawarkan inovasi-inovasi baru dan serta
meningkatkan kecanggihan dari smartphone tersebut yang diharapkan dapat
menjaga konsumen dari godaan pesaing. Iphone terus berupaya untuk menciptakan
inovasi baru dan peningkatan kualitas smartphone merupakan hal yang harus terus
dilakukan untuk membuat konsumen untuk tetap loyal dan tidak berpindah ke
merek smartphone lain. Konsumen yang loyal mempunyai kecenderungan yang
pasti dalam membeli produk smartphone yang ditawarkan oleh iPhone. Smartphone
iPhone sebagai salah satu smartphone yang memiliki konsumen tertinggi di
Indonesia harus memandang loyalitas konsumen ini sebagai salah satu faktor
penting dalam keberlangsungan dalam persaingan bisnis smartphone.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode asosiatif dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang
konsumen produk smartphone iPhone yang membeli lebih dari satu kali di Kota
Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner,
Teknik analisa data yang digunakan menggunakan SPSS for windows 22.0 yaitu uji
validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda,
pengujian hipotesis dan koefisien determinan.
Berdasarkan pengujian diperoleh hasil bahwa secara parsial variabel citra
merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Smartphone Iphone di Kota
Medan, kemudian secara parsial variabel harga berpengaruh secara parsial terhadap
loyalitas konsumen pada Smartphone Iphone di Kota Medan. Berdasarkan hasil
pengujian diperoleh hasil bahwa secara simultan variabel citra merek dan harga
berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen pada Smartphone Iphone
di Kota Medan