Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh video
pembelajaran interaktif dengan menggunakan Powtoon terhadap hasil belajar
siklus akuntansi kelas X AKL SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A
2022/2023. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 Siswa. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling,
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Pre Eksperimental One
Group Pre-test Post-test Design. Instrumen penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Kuesioner (angket) dan Tes yang sudah di uji validitas dan
reliabilitasnya.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh video
pembelajaran interaktif dengan menggunakan Powtoon terhadap hasil belajar
kelas X AKL 1 hal ini didukung dari hasil perhitungan nilai thitung sebesar 5,044.
Sedangkan untuk ttabel pada N = 34-1 yaitu 2,034. Maka thitung 5,044 > ttabel
2,034. Besarnya persentase pengaruh video pembelajaran Powtoon terhadap hasil
belajar siswa didapat nilai korelasi sebesar 0.886. berarti dalam penelitian ini
tingkat hubungan antara variabel video pembelajaran Powtoon terhadap hasil
belajar kelas X AKL 1 SMK Swasta Budi Agung Medan sebesar 88,6%.
Hal ini berarti Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Powtoon
terhadap Hasil Belajar Siklus Akuntansi kelas X AKL 1 berada pada kategori
tinggi, dengan nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 62,86 dan nilai rata- rata
posttest yaitu sebesar 80,17