Research Repository

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK (STUDI DI SMA NEGERI 1 KABANJAHE)

Show simple item record

dc.contributor.author PURBA, MARUBA
dc.date.accessioned 2023-11-25T07:00:17Z
dc.date.available 2023-11-25T07:00:17Z
dc.date.issued 2023-09-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22921
dc.description.abstract Penelitian berdasarkan studi di SMA Negeri 1 Kabanjahe ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan kurikulum merdeka di sekolah penggerak; (2) Pengorganisasian kurikulum merdeka di sekolah penggerak; serta (3) Mengetahui dan menganalisis pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Penelitian ini berfokus pada permasalahan yang ada di SMA Negeri 1 Kabanjahe terkait dengan perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan, serta latar belakang pemilihan kurikulum merdeka di sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Dalam proses perencanaan kurikulum, seluruh elemen sekolah mulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staf, guru, hingga peserta didik mampu beradaptasi dan menaruh minat dalam pengenalan tentang kurikulum merdeka (2) Melalui musyawarah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru saling berkolaborasi dalam menyusun pengorganisasian kurikulum merdeka. Mulai dari jadwal pembelajaran, modul ajar, metode ajar, hingga hal-hal pendukung lainnya disusun dengan beragam penyesuaian berdasarkan hasil diskusi. (3) Terdapat banyak perubahan signifikan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, diantaranya adalah pembelajaran berdiferensiasi, kompetensi dalam digitalisasi pendidikan, fleksibilitas dalam belajar, dan metode belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kompetensi peserta didik. Terdapat tantangan dan kekurangan dalam penerapan kurikulum merdeka, walaupun demikian hal tersebut dapat diatasi dan senantiasa berusaha ditingkatkan penerapannya dalam lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Kabanjahe. Hal tersebut dapat dilakukan karena kurikulum merdeka dianggap sudah sesuai dengan kebutuhan global di era sekarang. en_US
dc.subject sekolah penggerak en_US
dc.subject kurikulum merdeka en_US
dc.subject pembelajaran berdiferensiasi en_US
dc.title IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK (STUDI DI SMA NEGERI 1 KABANJAHE) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account