Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan eksistensi bimbingan
konseling disekolah melalui digitalisasi media bimbingan dan konseling di MAN
1 Medan. peneliti menggunakan penelitian komparatif adalah karena masalah
dalam penelitian ini adalah masalah perbandingan atau perbedaan antara dua
sampel yaitu kelompok bimbingan konseling dengan tatap muka atau yang
melakukan bimbingan konseling dengan media digital. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tentang eksistensi
bimbingan dan konseling pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah
diberikan digitalisasi media bimbingan dan konseling. Terdapat perbedaan yang
positif dan signifikan tentang eksistensi bimbingan dan konseling pada kelompok
kontrol sebelum dan sesudah diberikan digitalisasi media bimbingan dan
konseling. Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan eksistensi bimbingan
dan konseling pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan digitalisasi
bimbingan dan konseling, dengan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan
bimbingan dan konseling