Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan teknik
goal oriented dalam penyusunan program bimbingan dan konseling dalam
pengembangan karakter siswa di sekolah SMAN 10 Medan tahun ajaran
2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode.
Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 10 Medan. Teknik penarikan
sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan
adalah model Skala Likert. Tujuan penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan
teknik persentase. Selanjutnya, tujuan ketiga dianalisis dengan uji wilcoxon.
Temuan penelitian ini: Dari penelitian ini ditemukan bahwa dengan teknik goal
oriented dapat mengembangkan karakter siswa di SMAN 10 Medan. Dengan hasil
sebelum diberikan perlakuan dengan teknik goal oriented rata-rata skor 66,08
sedangkan setelah diberikan perlakuan dengan teknik goal oriented rata-rata skor
126,62 sehingga dapat dikatakan penelitian ini efektif