Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kemampuan berpikir kritisnya
masih rendah .Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Read Answer Discuse Explain Create (RADEC) terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SD Negeri 115489 Bandar Selamat.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25
siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total
sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian
ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data penelitian ini
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran Radec berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada analisis uji t (independent t-test)
diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan
H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran Radec terhadap
numerasi literasi siswa kelas IV SD Negeri 115489 Bandar Selamat. Hasil analisis
data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan model
pembelajaran radec yaitu 80,4. Sedangkan sebelum diberikan perlakuan model
pembelajaran Radec rata-rata (mean) yaitu 60,8. Sehingga siswa yang
mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Radec
memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa
menggunakan model pembelajaran Radec