Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan konseling
individual untuk Mengurangi gaya belajar terkhusus gaya belajar kinestetik siswa
kelas VII SMP Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Bagaimana
peranan guru BK dengan menggunakan layanan konseling individual dalam
mengurangi gaya belajar kinestetik di SMP Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran
2017/2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi dalam
mengurangi gaya belajar kinestetik siswa SMP Harapan Mekar Medan Tahun
Ajaran 2017/2018. Untuk mengetahui peranan guru BK ddalam layanan konseling
individual untuk mengurangi gaya belajar Kinestetik Siswa di SMP Harapan
Mekar Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif kualitatif. Peneliti mengambil lokasi di SMP Harapan
Mekar Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 yang berjumlah 33
siswa. Sedangkan objek untuk diteliti oleh peneliti berjumlah 4 orang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa observasi dan wawancara.
Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan. Dengan demikian layanan konseling individual dapat
menguragi gaya belajar siswa kelas VII SMP Harapan Mekar Medan Tahun
Ajaran 2017/2018