Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN 136541 TANJUNG BALAI

Show simple item record

dc.contributor.author NINGRUM, VELLA MERIANA KESUMA
dc.date.accessioned 2023-11-25T04:16:32Z
dc.date.available 2023-11-25T04:16:32Z
dc.date.issued 2023-11-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22896
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan model pembelajaran oleh guru sehingga berdampak kepada rendahnya kemampuan penalaran belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model Pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey (CRH) terhadap kemampuan penalaran belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 136541 Tanjung Balai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey (CRH) terhadap kemampuan penalaran belajar siswa di SDN 136541 Tanjung Balai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan satu kelas yaitu kelas V-A. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VA SDN 136541 Tanjung Balai yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yang berjumlah 10 butir soal berbentuk uraian yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil rata-rata pre-test sebesar 37,13 dan posttest sebesar 85,83. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey (CRH) memberikan dampak yang signifikan bagi siswa dalam kemampuan penalaran. Dilihat dari uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mana 0,000 < 0,05 dan nilai (t-hitung) 49,261 > 2,04841 (ttabel). Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey (CRH) terhadap kemampuan penalaran belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 136541 Tanjung Balai. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Course Review Horey (CRH) en_US
dc.subject Penalaran en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN 136541 TANJUNG BALAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account