Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan belajar siswa dalam
kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan model pembelajaran oleh
guru sehingga berdampak kepada rendahnya kemampuan penalaran belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model
Pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey (CRH) terhadap kemampuan
penalaran belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 136541
Tanjung Balai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey (CRH)
terhadap kemampuan penalaran belajar siswa di SDN 136541 Tanjung Balai.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan satu
kelas yaitu kelas V-A. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VA
SDN 136541 Tanjung Balai yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen
penelitian ini menggunakan tes yang berjumlah 10 butir soal berbentuk uraian
yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis data yang
dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil rata-rata pre-test sebesar 37,13 dan posttest
sebesar 85,83. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Course Review Horey (CRH) memberikan dampak yang signifikan bagi siswa
dalam kemampuan penalaran. Dilihat dari uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi
sebesar 0,000, yang mana 0,000 < 0,05 dan nilai (t-hitung) 49,261 > 2,04841 (ttabel).
Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey (CRH) terhadap kemampuan
penalaran belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 136541
Tanjung Balai.