Abstract:
Tujuan penelitian dapat menjadi pemahaman mendalam tentang potensi
pasar untuk Hotel Syariah di Kota Medan terutama di Hotel Syariah Al’Jayri Kota
Medan yang mencakup mengidentifikasi target pasar potensial, tingkat permintaan,
dan preferensi pelanggan yang berkaitan dengan layanan hotel Syariah. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif. Yaitu wawancara dengan
responden atau informan, studi kepustakaan dan dokumen atau arsip. Teknik
analisis data dalam penelitian ini pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan dan klasifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
peluang hotel syariah adalah faktor utama yang mendorong keputusan hotel ini
untuk memasuki pasar hotel syariah adalah potensi pasar yang signifikan, terutama
jika ada populasi Muslim yang besar di Medan atau jika daerah tersebut merupakan
destinasi wisata religius. Permintaan dari pelanggan yang mencari pengalaman
akomodasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah juga menjadi faktor penting. Hotel
ini memiliki komitmen yang kuat terhadap prinsip-prinsip syariah, termasuk
makanan dan minuman yang halal, pemisahan antara laki-laki dan perempuan, dan
larangan alkohol. Ini mencerminkan komitmen pribadi dan filosofi bisnis yang
sejalan dengan prinsip-prinsip syariah. Sedangkan tantangan Hotel Syariah Al’Jayri
Kota Medan adalah menghadapi tantangan khusus dalam menjalankan operasional
sehari-hari. Tantangan-tantangan ini mencakup pematuhan terhadap prinsip-prinsip
syariah dalam semua aspek operasional, seperti makanan, minuman, fasilitas, dan
perilaku staf. Ini memerlukan pemantauan yang ketat dan pelatihan berkelanjutan
untuk staf. Mendapatkan sertifikasi syariah yang sah dapat menjadi tantangan, dan
prosesnya mungkin beragam tergantung pada yurisdiksi dan lembaga yang
mengeluarkan sertifikasi. Hotel harus memahami persyaratan ini dan memastikan
agar operasional mereka sesuai dengan standar yang diperlukan