Research Repository

UPAYA PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI SMK SWASTA JAMBI MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author KUMALA, LALA
dc.date.accessioned 2023-11-25T03:45:03Z
dc.date.available 2023-11-25T03:45:03Z
dc.date.issued 2023-11-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22885
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilakukan dengan 2 siklus, untuk mengetahui tingkat berpikir kritis pada siswa dengan cara menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi satuan kerja perangkat daerah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan angket. Dari hasil penelitian untuk mengukur model Probem Based Learning dilakukan penyebaran angket, terdapat 10 item angket yang sudah valid dimana item ini sudah melalui tahap tes validitas dan reliabilitas dengan menggunakan bantuan Software SPSS 24. Dari hasil penelitian adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I dimana ketuntasan hanya 55,17% dengan jumlah siswa 16 orang, pada siklus II meningkat menjadi 86,21% dengan jumlah siswa 25 orang. Kemampuan berpikir siswa juga semakin meningkat dimana pada siklus I ini terdapat 10 (34,48%) siswa untuk kategori kurang kritis, 8 (27,59%) siswa untuk kategori cukup kritis, 11 (37,93%) siswa untuk kategori kritis dan tidak ada siswa untuk kategori sangat kritis dan tidak kritis dan pada siklus II terdapat 2 orang siswa (6,90%) untuk kategori sangat kritis, 18 orang siswa (62,07%) untuk kategori kritis, dan 9 orang siswa (31,03%) untuk kategori cukup kritis. Dari data ini, kita dapat melihat bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title UPAYA PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI SMK SWASTA JAMBI MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account