Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimana Pendekatan Konseling Behavior Therapy dengan Layanan Konseling
Individual untuk mengurangi kebiasaan ngelem Pada Siswa Kelas IX SMP
HARAPAN MEKAR Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah
Untuk Mengembangkan Pendekatan Konseling Behavior Therapy Untuk
Mengurangi Kebiasaan Mengelem Pada Siswa Kelas IX SMP HARAPAN
MEKAR Tahun Ajaran 2017/2018.
Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXyang berjumlah 4 orang
siswa yang memiliki kebiasaan ngelem. Insrument yang digunakan adalah
observasi dan wawancara. Observasi untuk melihat bagaimna sikap siswa tersebut
terhadap guru dan teman-temannya dan apa yang mendasari mereka memiliki
kebiasaan ngelem. Instrumen diberikan sebelum dan setelah pemberian layanan
konseling individual. Wawancara untuk melihat sejauh mana guru bimbingan
konseling memberikan layanan konseling individual sesuai kebutuhan siswa.
Pendekatan Konseling Behavior Therapy dengan menggunakan Pemberian
Layanan Konseling Individual untuk mengurangi kebiasaan ngelem pada siswa
awalnya mengobservasi siswa terlebih dahulu setelah itu melakukan wawancara
kepada siswa, guru dan wali kelasnya untuk mendapatkan data-data yang
diperlukan. Pemberin Layanan Konseling Individual diberikan sebanyak 2 kali
kepada siswa.
Dari hasil Pemberian Layanan Konseling Individu dan Wawancara
tersebut terdapat perubahan yang dialami siswa yaitu mengurangi kebiasaan
ngelemnya dan dapat lebih sopan kepada orangtua, guru dan teman-temannya.
Maka Pendekatan Konseling Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kebiasaan
Mengelem Pada Siswa Kelas IX SMP HARAPAN MEKAR dapat diterima.