Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengatasi prokrastinasi pada anak
melalui pola komunikasi orang tua dengan anak. Kebiasaan seorang anak dalam
menunda- nunda tugas sekolah dengan melakukan kegiatan lain, apabila terus
menurus dilakukan akan menjadi sebuah kebiasaan yang disebut dengan
prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pola
Komunikasi Orang Tua Dalam Mengatasi Prokrastinasi Pada Anak Sekolah
Menengah Pertama Di Kota Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
ada 3 yaitu pola komunikasi Permissive, Otoriter, dan Demokratis. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan
peneliti adalah teknik analisis kualitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan,
maka hasil dari penelitian ini adalah pentingnya pola komunikasi yang efektif
dapat menimbulkan suatu keterbukaan dan rasa percaya dalam menghadapi suatu
permasalahan yang dimana orang tua akan selalu memotivasi anaknya, sehingga
anak semangat menjalankan aktivitasnya disekolah maupun dirumah dan anak
dapat terhindar dari sifat kecenderungan menunda pekerjaan atau biasa disebut
dengan sifat prokrastinasi yang dimana itu akan merugikan bagi sang anak.