Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemcahan
masalah matematika berbasis HOTS pada siswa kelas IV di SD Siti Amelia
Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif
dan cenderung menggunakan pendekatan induktif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IV SD Siti Amelia Tembung T.A.2022/2023. Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan lembar observasi, lembar tes kemampuan
pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan
menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan 14
orang siswa, terdapat 7 orang siswa yang memiliki kemampuan pemecahan
masalah masuk kedalam kategori “kurang”, terdapat 2 orang siswa yang memiliki
kemampuan pemecahan masalah masuk ke dalam kategori “cukup”, dan terdapat
2 orang siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah masuk kedalam
kategori “sangat baik”. Pada tahap mengaitkan persoalan pemecahan masalah
matematika dengan konsep sebagian siswa dapat melakukan proses dengan benar
dan ada yang tidak. Selain itu banyak siswa yang tidak dapat menentukan stretegi
yang akan digunakan. Hasil tersebut menunjukkan beberapa subjek masih
mengalami kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Subjek
yang memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori sangat baik telah
menguasai seluruh indikator pemecahan masalah; (2) Subjek yang memiliki
kemampuan pemecahan masalah cukup telah menguasai beberapa indikator
pemecahan masalah; (3) Subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah
kurang hanya menguasai satu indikator pemecahan masalah.