Abstract:
Permasalahan selalu ada pada dalam kehidupan, siswa yang kurang
mampu memahami, berargumentasi atau menyampaikan pendapat dengan baik,
terutama dalam proses belajar mengajar, kurang mampu tanggap pertanyaanpertanyaan
dikelas, takut untuk mengemukakan pendapat. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan kelas dan untuk
mengetahui bentuk-bentuk kecemasan berbicara yang terjadi pada siswa di kelas
VIII SMP Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam
penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah sebanyak 87 siswa dan objeknya
sebanyak 10 siswa. Adapun instrumen yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi sesuai dengan upaya mengurangi kecemasan
berbicara siswa di depan kelas dengan teknik fun game melalui layanan
bimbingan kelompok. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah reduksi data dan penyajian data. Dari hasil penelitian dapat
diketahui bahwa upaya mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan kelas
dengan teknik fun game melalui layanan bimbingan kelompok sudah diterapkan
seiring pembiasaan siswa dalam proses belajar di kelas. Dengan adanya layanan
tersebut, masalah anak yang mengalami kecemasan berbicara di depan kelas
sudah mulai mampu untuk mengemukakan pendapatnya di depan kelas tanpa
adanya kecemasan berbicara.