dc.contributor.author | Anggraini, Uke Lovia | |
dc.date.accessioned | 2020-03-10T03:23:37Z | |
dc.date.available | 2020-03-10T03:23:37Z | |
dc.date.issued | 2017-02-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2286 | |
dc.description.abstract | Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik asertif melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP PAB 3 Saentis Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik asertif melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP PAB 3 Saentis Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 1 kelas dengan jumlah keseluruhan 30 siswa. Untuk menentukan objek dalam penelitian ini berdasarkan rekomendasi Guru BK yaitu sebanyak 9 siswa yang diambil dari kelas VII-5 yang memiliki kemampuan komunikasinya kurang baik di SMP PAB 3 Saentis Tahun Pembelajaran 2017/2018. Adapun instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang berkaitan dengan siswa yang bersangkutan dan guru BK yang memberikan informasi tentang yang diteliti. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penerapan bimbingan kelompok yang telah dilaksanakan adanya peningkatan dalam kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMPA PAB 3 Saentis Tahun Pembelajaran 2017/2018. Hal ini dilihat dari perubahan tingkah laku para siswa | en_US |
dc.subject | Teknik Asertif | en_US |
dc.subject | Kemampuan Komunikasi Interpersonal | en_US |
dc.subject | Bimbingan Kelompok | en_US |
dc.title | Penerapan Teknik Asertif Melalui Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP PAB 3 Saentis | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |