Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik asertif melalui
bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal
siswa kelas VII SMP PAB 3 Saentis Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui
penerapan teknik asertif melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP PAB 3 Saentis Tahun
Pembelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 1 kelas dengan
jumlah keseluruhan 30 siswa. Untuk menentukan objek dalam penelitian ini
berdasarkan rekomendasi Guru BK yaitu sebanyak 9 siswa yang diambil dari
kelas VII-5 yang memiliki kemampuan komunikasinya kurang baik di SMP PAB
3 Saentis Tahun Pembelajaran 2017/2018. Adapun instrumen dalam penelitian ini
menggunakan observasi dan wawancara yang berkaitan dengan siswa yang
bersangkutan dan guru BK yang memberikan informasi tentang yang diteliti.
Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penerapan bimbingan
kelompok yang telah dilaksanakan adanya peningkatan dalam kemampuan
komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMPA PAB 3 Saentis Tahun
Pembelajaran 2017/2018. Hal ini dilihat dari perubahan tingkah laku para siswa