Abstract:
Jalan tol adalah jalan bebas hambatan yang merupakan bagian dari sistem jaringan
jalan dan bagian jalan sebagai jalan nasional yang pengguna tersebut diwajibkan
untuk membayar tol sesuai dengan golongan kendaraan dan jarak yang ditempuh.
Pada suatu sistem jaringan jalan tol kelambatan atau kemacetan sering terjadi di
pintu gerbang keluar-masuk, khusus nya pada arah yang menghadapi pelayanan
pemabayaran. Mengevaluasai pada kapasitas dan pelayanan di gerbang Tol
Semayang pada studi kasus ini untuk melihat apakah masih memadai untuk
melayani pemakainya dan kapasitas nya. Data didapat dari survei lapangan yaitu
survei untuk mendapatkan nilai tingkat kedatangan masuk dan keluar dan waktu
pelayanan pada hari sibuk dan jam sibuk. Dengan mengambil suatu parameter
antrian, dengan input data tingkat pelayanan didapat jumlah kendaraan yang dapat
dilayani untuk tiap gardu yang beroperasi sebanyak 2 gardu masuk sebanyak 333
kendaraan/jam masih memenuhi Strandar Pelayanan Minimum Jalan Tol <500
kendaraan/jam/gardu, dan pada 2 gardu keluar sebanyak 253 kendaraan/ jam/ gardu
masih memenuhi Standar Pelayanan Minimum Jalan Tol <300 kendaraan/ jam/
gardu.