Research Repository

PENGARUH SERTIFIKASI, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT

Show simple item record

dc.contributor.author ARMINA, SITI
dc.date.accessioned 2023-11-25T02:03:50Z
dc.date.available 2023-11-25T02:03:50Z
dc.date.issued 2023-09-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22859
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sertifikasi, kualitas kehidupan kerja dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri se-kecamatan Selesai Kabupaten Langkat dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik analisis data yakni validitas, reliabilitas, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru dimana diperoleh nilai t hitung sebesar 2,220 dengan perolehan nilai Sig 0,030 < 0,05 dan hasil analisis regresi sederhana Y = 0,127 + 0,234X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai sertifikasi akan diikuti peningkatan nilai kinerja sebesar 0,234. Terdapat pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja guru dimana diperoleh t hitung sebesar 5,948, dengan perolehan Sig 0,000 < 0,05 dan hasil analisis regresi Y = 0,127 + 0,598X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai kualitas kehidupan kerja akan diikuti peningkatan nilai kinerja sebesar 0,598. Terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru dimana diperoleh t hitung sebesar 2,132, dengan perolehan Sig 0,037 < 0,05 dan hasil analisis regresi Y = 0,127 + 0,145X3, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai kompetensi profesional akan diikuti peningkatan nilai kinerja guru sebesar 0,145. Terdapat pengaruh sertifikasi (X1), kualitas kehidupan kerja (X2) dan kompetensi profesional (X3) secara bersama – sama terhadap kinerja guru dimana diperoleh nilai F hitung 41,425 dan nilai Sig 0,000. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,653 yang berarti bahwa sertifikasi (X1), kualitas kehidupan kerja (X2) dan kompetensi profesional (X3) secara bersama – sama memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 65,3% dan sisanya 34,7% ditentukan oleh faktor lain. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan persamaan Y = 0,127+0,234X1+0.598X2+ 0,145X3. en_US
dc.subject Sertifikasi en_US
dc.subject kualitas kehidupan kerja en_US
dc.subject kompetensi profesional en_US
dc.subject kinerja guru en_US
dc.title PENGARUH SERTIFIKASI, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account