Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan partisipatif kepala
sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 3 Babalan. Terdapat 4
kompetensi guru yaitu kompetensi profesional, kompetensi pedagogik,
kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Dimana peneliti langsung
terjun kelapangan dengan menggunakan teknik pengambilan data berupa
observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Informan yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu berjumlah 35 orang, dimana Kepala sekolah, seluruh guru
SMP Negeri 3 Babalan dan pegawai tata usaha yang berjumlah 34 orang. Dalam
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menjalankan
kepemimpinan partisipatif. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis penelitian
melalui jawaban responden yang menunjukkan bahwa kepala sekolah telah
melaksanakan kepemimpinan partisipatif dengan indikator bahwa kepala sekolah
telah mengembangkan suasana keakraban kepada semua warga sekolah, selalu
memberikan kesempatan kepada guru untuk menyampaikan pendapat, selalu
mendengar dan merespon segenap kesukaran guru, selalu memperhatikan kondisi
pembelajaran di sekolah, selalu memberi penghargaan kepada guru agar selalu
bersemangat dalam bekerja, selalu melibatkan guru dalam membuat suatu
kebijakan sekolah, memberikan kesempatan kepada guru untuk berpartisipasi
dalam mencapai tujuan sekolah dan mampu meningkatkan kompetensi guru SMP
Negeri 3 Babalan. Dengan kepemimpinan partisipatif yang dijalankan kepala
sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru antara lain (1) kompetensi
profesional, yaitu guru memahami tugas pokok dan fungsi guru. (2) kompetensi
pedagogik, yaitu guru mampu melaksanakan berbagai strategi dan cara
pengelolaan kelas. (3) kompetensi sosial, yaitu guru menciptakan suasana
keakraban dengan siswa. (4) kompetensi kepribadian, yaitu guru memberikan
contoh teladan yang baik kepada siswa,. Maka dari itu guru mampu meningkatkan
kualitas dirinya, baik kualitas keprofesionalitasnya, pedagogiknya, sosialnya
maupun kualitas kepribadiannya. Selain itu, guru juga lebih mampu untuk
bekerjasama, bertanggung jawab dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam
menjalankan tugasnya sehingga sangat mendukung terwujunya tujuan, visi dan
misi sekolah di SMP Negeri 3 Babalan.