Abstract:
Logo merupakan sebuah identitas visual bagi perusahaan atau organisasi
yang menggambarkan karakteristik untuk mengidentifikasi dan mengenali sebuah
produk pada suatu perusahaan atau organisasi. Fokus pada penelitian ini adalah
menganalisis makna bentuk logo dan peranan warna pada desain logo brand Utenn
Coffee. Utenn Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang bergerak pada industri
kopi dalam menyediakan produk pangan dan jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui makna dari pada bentuk dan peranan warna pada desain logo
brand Utenn Coffee. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskrptif yang menggunakan Teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini
adalah dengan cara redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian yang diperoleh pada penelitian ini yaitu mengetahui makna bentuk dan
peranan warna pada desain logo brand Utenn Coffee, setiap elemen yang
ditetarapkan pada desain logo memiliki arti mendalam yang menggambarkan
karakteristik dari Utenn Coffee, desain logo yang berbentuk U memberikan kesan
tegas yang memudahkan konsumen atau masyarakat dalam mengingat dan
mengenali identitas Utenn Coffee. Penerapan warna putih pada logo memberi kesan
transparan pada Utenn Coffee dalam melayani konsumen. Hitam melambangkan
kekuatan dan keteguhan Utenn Coffee dalam menjalankan usaha hingga saat ini.
Emas melambangkan makna kesuksesan pada nilai jual yang saat ini diperoleh
Utenn Coffee.