Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh dampak negatif dari kemajuan zaman yang
mempengaruhi pola tingkah laku siswa sehingga perlu adanya ibadah sebagai
penguat keimanan siswa, dan pelaksanaan ibadah harus ada pembinaan agar
ibadah dilakukan benar-benar sesuai Al-Qur‟an dan Sunnah. Tujuan dari
penelitian ini untuk melihat bagaimana Kontribusi Pendidikan Al-Islam
Kemuhammadiyahan dalam membina ibadah siswa dan apa saja problematika
dalam pembinaan ibadah tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan deskriptif dan teknik analisis data dalam penelitian ini analisis
deskriptif yaitu data dalam bentuk kata-kata, kalimat atau paragraf yang
mendeskripsikan peristiwa yang terjadi serta menggunakan tiga tahapan yaitu
redukasi data, triangulasi sumber dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber
dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru Kemuhammadiyahan dan Siswa
SMP Muhammadiyah 57 Medan, serta Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat
disimpulkan bahwa Kontribusi Pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam
pembinaan ibadah siswa berbentuk pemahaman materi, motivasi, cara thaharah,
bacaan sholat hingga gerakan sholat siswa harus sesuai dengan apa Nabi
Muhammad Saw contohkan yang tertuang dalam tarjih Muhammadiyah.
Problematika dalam pembinaan ibadah siswa adalah kesulitan dalam memberikan
pemahaman karena siswa tidak seluruhnya dari organisasi Muhammadiyah.