Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penanaman nilainilai nasionalisme melalui pembelajaran PKn pada siswa kelas V di UPT SPF
SDN 106803 Pematang Johar. Penelitian ini merupaka penelitian yang
menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang
digunakan untuk mendeskripsikan dan menjawab permasalaha secara rinci.
Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini adalah: 1) UPT SPF SDN 106803 Pematang Johar telah
menanamkan nilai-nilai nasionalisme melalui seluruh kegiatan pembelajaran
khususnya pada pembelajaran PKn dan kegiatan non akademik melalui program
yang telah ditetapkan sekolah serta ekstrakurikuler; 2) kendala yang dialami
selama proses penanaman nilai-nilai nasionalisme yaitu karena faktor lingkungan
yang membawa pengaruh cukup besar pada pembentukan perilaku siswa,
kurangnya pengetahuan terhadap nilai-nilai nasionalisme, serta pengaruh
globalisasi yang tidak disikapi dengan baik; 3) usaha yang dapat dilakukan dalam
mengatasi kendala tersebut yaitu dengan menjalankan program sekolah yang telah
ditetapkan melalui kegiatan keagamaan, melakukan kegiatan ekstrakurikuler
pramuka, kegiatan gotong royong, kegiatan literasi, dan melakukan kunjungan ke
museum melalui kegiatan study tour.