Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan belajar siswa dalam
kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan model pembelajaran oleh
guru sehingga berdampak kepada rendahnya kemampuan berargumentasi siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan
berargumentasi siswa di kelas kontrol pada siswa kelas V SD Terpadu
Muhammadiyah 36 Medan, bagaimana kemampuan berargumentasi siswa pada
kelas eksperimen pada siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan dan
bagaimana pengaruh penggunaan model argument driven inquiry terhadap
kemampuan berargumentasi siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36
Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan
berargumentasi siswa di kelas kontrol pada siswa kelas V SD Terpadu
Muhammadiyah 36 Medan, untuk mengetahui kemampuan berargumentasi siswa
di kelas eksperimen pada siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan.
untuk mengetahui pengaruh penggunaan model argument driven inquiry terhadap
kemampuan berargumentasi siswa di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan
dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V-A dan V-B SD Terpadu
Muhammadiyah 36 Medan yang berjumlah 56 orang siswa. Instrumen penelitian
ini menggunnakan tes yang berjumlah 15 soal berbentuk uraian yang sudah diuji
validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas eksperimen
(model pembelajaran argument driven inquiry) diperoleh hasil rata-rata pre-test
sebesar 38,68 dan post-test sebesar 84,69, sedangkan di kelas kontrol (model
pembelajaran konvensional) diperoleh hasil rata-rat pre-test sebesar 34,82 dan
post-test sebesar 76,79. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran
argument driven inquiry memberikan dampak yang signifikan bagi siswa dalam
kemampuan berargumentasi. Dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,001, yang
mana 0,001 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan
model argument driven inquiry terhadap kemampuan berargumentasi siswa kelas
V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan