Abstract:
Penelitian ini didasarkan atas dasar urgensi internalisasi nilai-nilai
Keterampilan ecopreneurship dalam seluruh interverensi pendidikan secara
kreatif. Salah satu pembelajaran yang dapat dipilih dalam menginternalisasikan
Keterampilan ecopreneurship pada diri siswa adalah pembelajaran Perubahan
lingkungan/iklim dan daur ulang limbah Sampah. Design thinking menjadikan
prinsip kemanusiaan sebagai landasan dalam setiap sintaknya dan hal ini sejalan
dengan hakikat pembelajaran IPA sebagai bentuk mediumisasi upaya
memanusikan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
design thinking Terhadap Keterampilan ecopreneurship terhadap peningkatan
kemampuan berpikir kreatif Siswa SD Negeri 112246 Langga Payung dalam
Keterampilan Ecopreneurship. Hal ini dikarenakan pentingnya mahasiswa PGSD
sebagai calon guru memiliki kreativitas dalam menginternalisasikan nilai-nilai
ecoprenurship pada siswanya di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode
Design Thinking dengan sempel penelitian sebanyak 30 Siswa Kelas V-A di SD
Negeri 112246 Langga Payung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan, maka dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada
Siswa Kelas V-A dengan Mengunakan Metode design thinking Terhadap
Keterampilan ecopreneurship lebih baik daripada Siswa Kelas V-B yang belajar
menggunakan pendekatan konvensional dalam Keterampilan Ecopreneurship.
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sarana edukasi bagi mahasiswa PGSD
dalam mengenalkan Metode design thinking terhadap keterampilan
ecopreneurship sebagai model pembelajaran yang inovatif dan futuristik