Research Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN.104280 Desa Pulau Gambar Kab. Serdang Bedagai.

Show simple item record

dc.contributor.author Agustin, Yulia Dwi
dc.date.accessioned 2023-11-24T13:56:30Z
dc.date.available 2023-11-24T13:56:30Z
dc.date.issued 2023-11-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22804
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran Pop up book pada pelajaran IPA kelas IV SDN.104280. Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah serta guru masih belum menggunakan media secara kreatif dalam menyampaikan materi kepada peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengoptimalkan pelajaran IPA khususnya materi daur hidup hewan, maka dikembangkan media pembelajaran pop up book sebagai pendamping pada saat mengajar. Pengembangan media pembelajaran pop up book ini bertujuan sebagai penambah keanekaragaman media pembelajaran IPA serta upaya dalam meningkatkan daya tarik siswa dalam pelajaran IPA. Pada penelitian ini, penelitian memilih menggunakan model ADDIE. Model ini adalah singkatan dari Analys, Desaign, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu melibatkan satu kelas yang berjumlah 28 orang siswa kelas IV SD Negeri 104280 Desa Pulau Gambar, Kab.Serdang Bedagai. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar angket yang terdiri dari angket validasi untuk 3 ahli dan angket angket kepraktisan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan memperoleh rata-rata 91% kategori sangat layak berdasarkan validator materi, nilai 99% kategori sangat layak berdasarkan validator desain media, dan nilai 98% kategori sangat layak berdasarkan validator bahasa. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 96% dan untuk respon siswa 89,8%, artinya media pembelajarankriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book telah dinyatakan sangat layak dan dangat praktis. en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Pop Up Book en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN.104280 Desa Pulau Gambar Kab. Serdang Bedagai. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account